ARSITEKTUR KEKINIAN

 ARSITEKTUR KEKINIAN


Pendahuluan 

    Arsitektur kontemporer merupakan suatu bentuk karya arsitektur yang sedang terjadi di masa sekarang , yang mencirikan kebebasan berekspresi, keinginan untuk berperan dalam mode dunia, menampilkan sesuatu yang berbeda, dan merupakan sebuah aliran baru atau penggabungan dari aliran arsitektur. Arsitektur kontemporrer sangat dipengaruhi oleh arsitetektur modern. Produk arsitektur kontemporer sangat mewakili kekinian dalam gaya, langgam maupun tren-tren globalisasi, seperti arsitektur ramah lingkungan . Arsitektur kontemporer bisa dikatakan sebagai arsitektur anti-vernakular, dengan memaksimalkan penggunaan material-material baru -lokal secara aspiratif, inovatif dan beresiko tinggi. Produk produk arsitektur kontemporer sangat mengedepankan penggunaan material material dan teknologi, serta geometri, yang merupakan tren tahun terakhir ini (Erlangga,2013).

    Kekinian dalam arsitektur kontemporer mode dunia juga, di Indonesia bisa dikatakan berkembang sangat pesat dalam beberapa dekade terakhir. Hal itu didukung  dari berbagai sisi baik desainer lokal yang semakin potensial, tingkat perekonomian yang membaik, sampai sektor ritel yang berkembang sangat pesat. Menurut Dharsono dalam Dian (2008), Mode adalah sebuah kecenderungan gaya yang sedang digemari pada saat itu dan berlaku dalam jangka waktu tertentu. Sekarang ini mode lokal banyak memperhatikan perkembangan desainer lokal agar bisa bersaing dengan mancanegara. Pihak yng memegang peranan penting dibidang mode di Indonesia adalah APPMI (Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia) yang beranggotakan perancang dang pengusaha yang bergerak dibidang mode Indonesia.


Pembahasan

    Asitektur kontemporer tidak muncul secara tiba tiba, gaya arsitektur ini didasari oleh semangat perubahan yang berakar dari revolusi industri di Inggris. Revolusi industri mengakibatkan munculnya tipologi bangunan baru yang sebelumnya belum pernah ada, seperti tipologi pabrik, gudang, dan sebagainya. Revolusi industri mengakibatkan adanya material dan teknik baru dalam arsitektur. Arsitektur kontemporer muncul karena kebutuhan akan gaya baru pada masa tersebut kemudian terus berkembang ke era art dan craft, saat situasi masyarakat mulai jenuh dengan fabrikasi dan melakukan gerakan sosial. Arsitektur kontemporer berlanjut ke era perkembangan seni, seperti kubisme, futurisme, dan neoplatisme. Arsitektur kontemporer semakin lama semakin berkembang sesuai dengan keadaan dunia yang tidak ingin terpaku pada aturan- aturan klasik lagi (Gunawan, 2011).


    Arsitektur kontemporer merupakan suatu bentuk karya arsitektur yang sedang terjadi di masa sekarang. Dalam buku Indonesian Architecture Now, karya Imelda Akmal, digambarkan karya-karya arsitektur yang kontemporer yang terdapat di Indonesia. Karya ini dibangun dalam satu dasawarsa terakhir dan menggambarkan trend arsitektur dalam negeri. Trend yang berkembang dalam satu dasawarsa terakhir didominasi oleh pengaruh langgam arsitektur modern yang memiliki kesamaan ekspresi dengan karya arsitektur modern dari belahan dunia barat di dekade 60- an. Arsitektur kontemporer telah diakui sebagai salah satu pendekatan dalam merancang secara internasional sehingga banyak ahli yang mengemukakan pendapat mengenai definisi dari arsitektur kontemporer. 


Berikut beberapa definisi arsitektur kontemporer menurut beberapa ahli : 

a. Konnemann. Arsitektur Kontemporer adalah suatu gaya arsitektur yang bertujuan untuk mengekspresikan suatu gaya arsitektur, berusaha menciptakan suatu keadaan yang nyataterpisah dari suatu komunitas yang tidak seragam (Gunawan, 2011). 

 b. L. Hilberseimer mendemonstrasikan suatu kualitas tertentu terutama dari segi kemajuan teknologi dan juga kebebasan dalam


Konsep Penerapan Arsitektur Kontemporer pada bangunan 

    Ciri dan prinsip arsitektur kontemporer menurut Ogin Schirmbeck (Schirmbeck, 1988) memiliki prinsip bangunan yang kokoh, gubahan yang ekspresif dan dinamis, konsep ruang terkesan terbuka, harmonisasi ruangan yang menyatu dengan ruang luar, memiliki fasad yang transparan, kenyamanan hakiki dan eksplorasi elemen lansekap area yang berstruktur. 

Gambar 1 . Capital Gate Building

    Gedung pencakar langit yang memiliki 35 lantai ini memiliki gubahan masa melingkar yang berputar sebanyak 18 derajat yang membuatnya tampil sangat berbeda dengan rancangan-rancangan bangunan pencakar langit pada umumnya. Gedung dengan gaya arsitektur kontemporer karya firma arsitektur asal Scotland, RMJM ini memiliki layout lantai yang berbeda setiap lantainya. Dapat dilihat pada gambar 1.

Gambar 2. Tenerife auditorium

    Bangunan bergaya arsitektur kontemporer selanjutnya adalah bangunan karya arsitek Santiago Calatrava yang memang banyak menelurkan karya arsitektur kontemporer yang memukau. Bangunan The Auditorio de Tenerlife ini memiliki bentuk lengkung dan juga melingkar yang sebenarnya terlihat sangat tidak konvensional untuk bangunan-bangunan lain yang memiliki fungsi auditorium. Menarik, gaya arsitektur kontemporer membuat bangunan auditorium ini sangat ikonik. Dapat dilihat pada gambar 2.


Gambar 3. Sydney Opera House

    Bangunan ini adalah contoh bangunan bergaya arsitektur kontemporer yang ikonik lainnya. Meski diresmikan pada 1973, struktur dan bentuk dari bangunan ini menjadi titik referensi dari gaya arsitektur kontemporer. Bentuk ikonik dari bangunan bergaya arsitektur kontemporer ini sendiri terinspirasi dari bentuk layar kapal atau kumpulan kulit kerang yang menumpuk satu sama lain. Dapat dilihat pada gambar 3.


Gambar 4. The Long House


Salah satu contoh rumah yang menerapkan konsep arsitektur kontemporer adalah The Long House karya Hopkins Architects. Rumah bergaya arsitektur kontemporer ini memiliki gubahan masa yang panjang dan memugkinkannya memiliki pengaturan layout interior yang tidak konvensional.. Dapat dilihat pada gambar 4.


Kesimpulan 

    Arsitektur Kontemporer juga dapat dikatakan sebagai arsitektur kekinian. Hal ini dapat dilihat dari penerapan arsitektur kontemporer melalui konsep, bentuk, material yang sudah digunakan pada bangunan-bangunan yang telah terbangun.





Terima kasih.......


1. https://arsitekturdwi17.blogspot.com/2022/03/arsitektur-religius.html

2. https://arsitekturdwi17.blogspot.com/2021/10/pentingnya-studi-preseden-sebelum.html









Comments