Student Activity Center

 

STUDENT ACTIVITY CENTER


A. Student Activity Center di University of Texas 


Gambar 1. University of Texas

Nama Bangunan : Student Activity Center University of Texas 
Berdiri                 : 2011 
Lokasi                 : 2201 Speedway, Austin, TX 78712, Amerika Serikat 
Arsitek                : Overland Partners, WTW Architects 
Jumlah lantai       : 2 

    Sebagai hasil dari lobi mahasiswa selama enam puluh tahun, Pusat Kegiatan Mahasiswa di University of Texas di Austin pada dasarnya adalah tempat yang dibangun untuk dan oleh badan mahasiswa. SAC menantang paradigma kampus tradisional dari sebuah bangunan yang melakukan fungsi khusus tunggal. 
    
    Dengan program yang sangat beragam, SAC adalah serikat mahasiswa yang berfungsi seperti kampus mikro dan memiliki ballroom 5.000-SF, auditorium 500 kursi, teater kotak hitam, 12 ruang konferensi/rapat mahasiswa, kantor organisasi mahasiswa, ruang ruang mahasiswa, ruang makan, ruang latihan tari dan teater, dan ruang pertemuan yang fleksibel. 

    Kebutuhan akan ruang Seni Liberal tambahan yang berdedikasi muncul selama proses perencanaan; sehingga dua lantai tambahan laboratorium penelitian dan ruang kantor untuk College of Liberal Arts digabungkan ke dalam desain keseluruhan dan terhubung ke Gedung Liberal Arts yang berdekatan melalui jembatan langit. 

    Mengatasi kurangnya ruang luar skala menengah di kampus, proyek ini mengintegrasikan lebih dari 46.000 SF halaman lanskap yang dilengkapi dengan outlet listrik dan internet nirkabel, menciptakan tempat untuk makan, belajar, dan berkumpul di luar ruangan hampir sepanjang tahun di iklim Texas Tengah yang moderat. The Color Inside, sebuah “Skyspace” karya seniman terkenal dunia James Turrell, terletak di teras atap dan memberikan siswa ruang untuk refleksi yang tenang sepanjang hari. 

    Mengintegrasikan solusi berteknologi rendah dan berdampak tinggi, SAC adalah interpretasi baru dari tradisi bangunan abadi dan reinterpretasi kontemporer dari arsitektur kampus tradisional. Bentuknya yang sederhana dan garis yang bersih membedakannya, namun dinding batu kapur dan atap genteng merah menyatukannya dengan bangunan kampus dan masterplan yang ada. Terselip di balik hutan ek dewasa, bangunan ini memiliki banyak kaca yang, bersama dengan tapaknya yang sempit, memaksimalkan pencahayaan alami dan menyediakan koneksi visual ke lanskap sekitarnya. 

    Bangunan ini menggabungkan bukaan di sepanjang fasad yang berlawanan untuk memanfaatkan ventilasi alami. Tangki air di atas kelas mengumpulkan air hujan untuk irigasi lanskap dan mendistribusikan air ke seluruh situs untuk membuat acara hujan menjadi "perayaan." Proyek ini juga memaksimalkan penggunaan ruang luar dengan mengeluarkan udara lega untuk mengkondisikan balkon dan teras, meningkatkan kenyamanan pengguna selama bulan-bulan terpanas dan terdingin. Strategi gabungan menghasilkan sertifikasi LEED Gold. Namun, aspek SAC yang paling berkelanjutan adalah yang digunakan oleh 15.000 siswa setiap hari dan telah mengubah sebagian Mall Timur UT-Austin menjadi “ruang tamu kampus.” 


B. Student Center at Georgetown University

Gambar 2. Georgetown University


Nama Bangunan : Student Activity Center at Georgetown University 
Berdiri                 : 2014 Lokasi : Washington D.C. United States 
Arsitek                : ikon.5 architects  


    New South Student Center di Universitas Georgetown adalah renovasi dan penambahan yang mengubah aula tempat tinggal abad pertengahan yang ada menjadi ruang tamu universitas baru yang semarak untuk kehidupan sarjana. Terinspirasi oleh identitas unik 'Hoya Saxa' (batu) dari badan mahasiswa Georgetown, pusat ini menciptakan pengalaman belajar dan ruang hidup santai yang diukir dari bangunan batu interior dan eksterior.

    Dinding 'Saxa' adalah dinding hijau berlapis batu yang memberikan karakter ramah lingkungan alami ke Ruang Besar yang menghadap ke Potomac dan merupakan salah satu dari banyak fitur desain yang membantu proyek ini mencapai sertifikasi LEED Gold. Di dalam dinding ruang tamu 'Saxa' terdapat 12 ruang belajar kelompok berbalut kayu dengan sistem tampilan video yang disempurnakan dan partisi kaca yang dapat ditulisi bagi siswa untuk mengerjakan proyek bersama atau terpisah. The Riverside Terrace adalah area lanskap luar ruangan yang memperluas ruang tamu Great Room di luar ruangan dan menghadap ke Potomac. Mendukung ruang santai dan belajar di pusat mahasiswa adalah pub dan kafe smoothie yang menawarkan tempat makanan alternatif ke ruang makan kampus. 

Gambar 3. Dinding Saxa


    Sebuah galeri seni dan studio musik dan tari memberi para siswa seniman tempat untuk memamerkan kerajinan mereka. Ballroom 350 kursi dan ruang pertemuan yang dapat dibagi menawarkan penggunaan serbaguna untuk organisasi dan kelompok mahasiswa. Karakter dan tema keseluruhan dari masing-masing ruang program membangkitkan warisan kebanggaan Universitas dalam bahasa arsitektur kontemporer dan modern yang dibangun di atas identitas 'Hoya Saxa' Georgetown dan menambah banyak interpretasi dari akar Latinnya dalam bentuk yang dibangun. 


C. Bangkok University, Bangkok, Thailand 


Gambar 4. Bangkok University


Nama Bangunan : Student Activity Center at Bangkok University 
Berdiri                 : 2013 
Lokasi                  : Bangkok, Thailand 
Arsitek                 : Supermachine Studio 


    SAC (Student Activity Center) adalah salah satu proyek paling menantang yang harus dilakukan studio Supermachine untuk Universitas Bangkok. Bangunan 2.200 m² ini dibangun di atas Gedung berusia 20 tahun yang dulunya berfungsi sebagai Asrama. 

    SAC ini terdiri dari ruang fasilitas yang beragam, terutama untuk fasilitas di luar kelas, mulai dari studio foto, ruang latihan musik, klub dansa Thailand, 20 lebih ruang fakultas, ruang pertemuan hingga aula pelatihan pemandu sorak Pom Pom. Semua program mahasiswa harus diakomodasi ke dalam struktur bangunan yang ada yang tidak dirancang. 

Gambar 5. Bangkok University


    Dulunya bangunan ini adalah asrama dengan 32 kamar. Bangunan sepanjang 90 meter ini rendah, gelap dan rusak akibat banjir besar di Thailand pada tahun 2011. Operasi utamanya adalah menggabungkan 2 atap pelana menjadi satu atap baru dengan struktur baru untuk membuat ruang lebih layak huni untuk peningkatan jumlah pengguna. 

    Kulit luar bangunan dilapis ulang meskipun dengan bahan tunggal yaitu sirap cedar. Setengah dari ruang dalam tetap utuh tetapi dicat ulang secara sistematis koridor yang ada berwarna kuning sementara 4 dari rongga dimodifikasi, dipublikasikan dan dicat menjadi 5 warna berbeda; ungu, hijau, pink dan turquoise. Cahaya alami dibawa masuk melalui void skylight untuk memastikan bahwa ruang baru cukup terang. 

    Di bagian belakang bangunan ini adalah struktur yang sama sekali baru karena memiliki klub Bu Pom Pom. Saat selesai, gym setinggi 16 meter akan menjadi tempat latihan baru bagi tim pemandu sorak terkenal Universitas Bangkok yang telah memenangkan banyak kompetisi internasional. Diberi julukan seperti cokelat saat sedang dikembangkan, "Toblerone", SAC telah diubah dari asrama program sederhana menjadi gedung publik terprogram kompleks yang dikompresi menjadi satu tongkat panjang. Arsitektur juga dapat “Didaur Ulang.”




Terima kasih........









Comments